Belajar PJOK di SD Menggunakan Aplikasi Android Ruang PJOK SD

Olahraga493 Dilihat

SALAH satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD) adalah Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), yang mencakup materi gerak sebagai salah satu komponennya. Untuk membantu guru dan siswa SD dalam memahami materi gerak, telah hadir sebuah inovasi pendidikan berupa aplikasi Android bernama “Ruang PJOK SD” yang sudah diterbitkan oleh HicalTech87 di playstore dari kelas 1 sampai kelas 6.

Mengenal Ruang PJOK SD

Aplikasi Ruang PJOK SD adalah sebuah inovasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang dirancang khusus untuk membantu siswa SD dalam memahami dan belajar materi salah satunya adalah materi gerak dasar yang terdapat dalam semester 1 dan 2. Aplikasi ini menyajikan materi-materi yang disusun dengan menarik, dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Pengembangan Aplikasi Android Ruang PJOK SD merupakan kolaborasi antara saya sebagai Dosen dan Pengembang Aplikasi Android bernama HicalTech87 dengan mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Siliwangi Angkatan 2020 yang berperan sebagai model dalam setiap video gerakan dan merupakan salah satu hasil projek pada materi Multimedia dari mata kuliah Literasi Teknologi Informasi yang saya ampu.

FITUR-FITUR UNGGULAN

Aplikasi Ruang PJOK SD menawarkan sejumlah fitur yang sangat berguna bagi siswa dan guru, di antaranya:

  • Material: Semua materi pada semester 1 dan 2 pada SD.
  • Konten Video: Aplikasi ini menyediakan video demonstrasi yang menunjukkan bagaimana gerakan-gerakan dilakukan dengan benar. Ini membantu siswa untuk mempraktikkan gerakan tersebut secara lebih baik.
  • Offline: Aplikasi bisa berjalan tanpa koneksi internet
  • Sistem operasi: Android versi 6.0 ke atas.

Manfaat Aplikasi Ruang PJOK SD

Penggunaan aplikasi Ruang PJOK SD dapat memberikan beberapa manfaat signifikan, termasuk:

  • Pembelajaran yang Menyenangkan: Dengan penyampaian materi secara menarik, belajar materi gerak menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa SD.
  • Kemudahan Akses: Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat Android, sehingga siswa dapat belajar di rumah atau di sekolah dengan mudah.
  • Peningkatan Pemahaman: Aplikasi ini membantu siswa untuk memahami materi seperti konsep gerak dengan lebih baik, sehingga mereka dapat menjalankan aktivitas fisik dengan benar.
  • Dukungan Guru: Guru dapat memantau dan memberikan bimbingan yang diperlukan ketika siswa mengamati dan mempraktekkan materi yang tersedia di aplikasi.

 

Contoh Langkah Menggunakan Aplikasi Android Ruang PJOK SD dalam Proses Pembelajaran PJOK menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif.

Mengutip hasil diskusi saya dengan salah satu pakar yang memang fokus penelitiannya dalam model pembelajaran Pendidikan Jasmani yaitu Dr. Dicky Tri Juniar, M.Pd (Dosen Jurusan Pendidikan Jasmani Universitas Siliwangi). Beliau memberikan contoh sintak model pembelajaran kooperatif untuk materi PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) di tingkat SD dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Android “Ruang PJOK SD” dapat diorganisir sebagai berikut:

  1. Penyampaian tujuan sebagai pendahuluan:
  • Memperkenalkan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari.
  • Membangkitkan minat siswa terhadap materi dengan pertanyaan atau story telling.
  1. Pembagian Kelompok:
  • Bagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 anggota.
  • Setiap anggota kelompok memiliki peran yang berbeda, misalnya pengumpul data, pembaca materi, pencatat, dan penyaji.
  • Pastikan kelompok terdiri dari berbagai tingkat kemampuan.
  • Pengenalan Aplikasi “Ruang PJOK SD”:
  • Berikan instruksi kepada siswa tentang cara menggunakan aplikasi.
  • Berikan demonstrasi singkat tentang fitur-fitur utama aplikasi.
  1. Presentasi Kelas:
  • Siswa melakukan eksplorasi materi PJOK melalui aplikasi.
  • Mereka dapat mengakses informasi melalui video yang disediakan oleh aplikasi.
  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka kepada seluruh kelas.
  • Mereka dapat menggunakan aplikasi untuk mendukung presentasi mereka.
  1. Kegiatan Belajar Berkelompok:
  • Setelah presentasi, adakan diskusi kelas tentang materi yang telah dipelajari.
  • Anggota kelompok berdiskusi tentang materi yang telah dieksplorasi.
  • Mereka dapat bertukar ide, pertanyaan, atau pemahaman mereka tentang materi.
  • Guru dapat mengajukan pertanyaan tambahan atau tantangan berupa demonstrasi gerak untuk kemudian diberikan poin bagi kelompok yang dapat menjawab atau mempraktekkan.
  • Poin yang didapat oleh setiap kelompok dicatat oleh guru sebagai bahan untuk pemberian penghargaan
  • Menyusun refleksi bersama tentang pembelajaran.
  1. Evaluasi Pembelajaran:
  • Evaluasi pemahaman siswa dengan tes atau tugas terkait materi PJOK yang telah dipelajari.
  • Evaluasi juga sejauh mana siswa dapat mengoperasikan aplikasi “Ruang PJOK SD” secara efektif.
  • Berikan penilaian formatif, seperti umpan balik positif dan saran perbaikan kepada setiap kelompok.
  • Gunakan asesmen formatif untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi.
  1. Penghargaan prestasi
  • Kelompok yang memiliki nilai terbaik diberikan apresiasi dengan dipanggil didepan kelompok lainnya sambal mengumumkan nilai yang diraih
  • Mengajak semua anggota memberikan tepuk tangan untuk kelompok tersebut
  1. Penutup:
  • Meringkas pembelajaran dan mengonfirmasi pemahaman siswa.
  • Ajukan pertanyaan terbuka untuk merangsang pemikiran kritis dan refleksi.

Model pembelajaran kooperatif ini memungkinkan siswa untuk bekerja sama, berbagi pemahaman, dan menggunakan teknologi dalam pembelajaran PJOK. Selain itu, melalui penggunaan aplikasi Android “Ruang PJOK SD,” mereka dapat mengakses informasi yang relevan dan beragam untuk mendukung pemahaman mereka tentang materi.

Aplikasi Android Ruang PJOK SD merupakan media pembelajaran yang bermanfaat dalam mendukung proses pembelajaran materi bagi siswa SD termasuk materi gerak dasar yang ada di dalamnya.

Dengan penyampaian materi secara menarik dan pendekatan yang menyenangkan, aplikasi ini dapat membantu siswa memahami konsep gerak dengan lebih baik, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan motoriknya. Aplikasi ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar dan menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan bagi anak-anak. (Haikal Millah)

Penulis adalah Dosen Jurusan Pendidikan Jasmani Universitas Siliwangi, Founder of HicalTech87

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *